Rabu, 10 Februari 2010

GENSET








Model: Honda EU20i Portable Generator
Kva: 2.0
Rated Watts: 1600
Voltage: 230 / 12V DC
Voltage Stability: +/- 1%
No Of Sockets: 2 x 230V 13 amp 1x12v(DC)
Engine HP: Honda GX100 2.5 HP
Fuel Type: Petrol Unleaded
Fuel Tank Capacity: 4.1 Ltrs
Running Time: 10.5 hours @ 1/4 load
Start Method: Recoil
Noise Output: 52dB(a) at 7m @ 1/4 load, 59dB(a) at 7m @ 100% load
Weight: 21 Kg
Dimensions (mm) LxWxH: 510 x 290 x 425

Bagi anda yang rumahnya/daerahnya sering mengalami "mati lampu," Honda tipe silent merupakan genset yang sangat cocok. Dikarenakan suaranya yang sangat halus dan tidak mengganggu pendengaran, meskipun dinyalakan di malam hari, tetangga anda tidak akan komplain. Mungkin mereka malah terheran-heran melihat rumah anda terang benderang sendiri.

Tentu saja harga genset ini lebih mahal dibandingkan dengan genset Honda tipe terbuka/open. Apalagi jika dibandingkan dengan genset-genset made in China. Tetapi kenyamanan tidak dapat diukur dengan harga!

Genset Honda tipe silent memiliki 4 tipe. Tipe EU10i 0.9Kva, EU20i 1.6Kva, EU30is 2.8Kva, dan EU65is 5.5Kva. Perkiraan harga untuk genset silent ini adalah Rp.7-8jt/Kva.

Alternatif lain dari genset Honda silent adalah genset Honda tipe open. Genset ini seluruh komponennya diproduksi dari Honda sendiri. Di pasaran banyak orang yang menjual genset "powered by Honda," yang artinya adalah mesin memang asli Honda, tetapi generator/dinamonya bukan produksi Honda. Berikut adalah contoh dua buah genset yang sama-sama menggunakan mesin Honda, tetapi generatornya berbeda.








Dari dua gambar diatas, terlihat bahwa untuk genset Honda asli hanya tertulis "Honda" dan untuk genset yang generatornya bukan produk Honda, tertulis merk lain dan tambahan kata di depan Honda.
Harga dari dua produk diatas pun jauh berbeda. Untuk Honda asli 2KW, harga sekitar 6jt. Sedang untuk "powered by Honda" harga sekitar 3jt. Berhati-hatilah sebelum membeli.
Tambahan info untuk genset 2KW made in China, harga sekitar 2jt.
Alasan saya memberikan informasi untuk genset adalah sering kali usaha kita didukung oleh pasokan listrik. Tetapi dengan keaadan kita sekarang yang sering kekurangan pasokan listrik, maka genset sangat perlu untuk menunjang usaha kita. Karena itu, membeli genset yang sesuai dengan keperluan dan budget kita pun harus diperhatikan.
Apabila anda memiliki pertanyaan atau info mengenai genset, bisa menghubungi saya di maruzenfpm@gmail.com. Atau bisa juga melalui blog ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar